18 December 2013

Pergantian UN SD Menjadi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) dan Jadwalnya


Mulai tahun 2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan mengubah sistem pelaksanaan ujian kelulusan SD.

Sekjen Kemendikbud Ainun Na'im saat Rapat Koordinasi Persiapan Implementasi Kurikulum 2013 di Tahun 2014 dan Ujian Nasional 2014, menuturkan, secara resmi nama ujian akhir untuk jenjang SD sudah diganti. "Namanya sekarang ujian Sekolah atau Ujian Madrasah. Berlaku untuk jenjang SD dan sederajat," kata Ainun seperti yang dikutip dari JPNN.com,

Mata pelajaran yang diujikan di US/M itu hanya ada tiga, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan untuk SDLB (SD Luar Biasa) mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Matematika, dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Jadwal US/M SD yakni

US/M SD Utama 19-21 Mei 2014
US/M SD Susulan 27-29 Mei 2014
Untuk kisi-kisi belum ada kepastian apakah akan tetap menggunakan kisi-kisi UN SD tahun 2013 atau tidak. Namun, bagi yang tetap ingin melihat atau mengetahui seperti apa kisi-kisi UN SD tahun 2013 lalu, bisa didownload dibawah ini:

Kisi-kisi UN SD Tahun 2012/2013

Terkait dengan kelulusan SD dan sederajat, tetap diserahkan ke satuan pendidikan atau sekolah.

Terampil Matematika (TeMa)

Terima kasih telah membaca Pergantian UN SD Menjadi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) dan Jadwalnya. Jika kamu ingin menyebarluaskan artikel ini, kamu dapat mengcopynya dengan menyertakan sumber link asli di bawah. Jika ada kritik, saran, maupun pertanyaan, kamu juga dapat menyampaikannya melalui kotak komentar. Terima kasih. :)

Next Post Previous Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment