21 May 2013

Download Skripsi Matematika: Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Realistic Mathematics Education) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

skripsi

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA 
Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII
Salah Satu SMP Negeri di Kota Bandung

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Realistic Mathematics Education) dengan siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran konvensional.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes dan postes. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Bandung. Sampel pada penelitian adalah dua kelas dari kelas VIII, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan, satu kelas sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan pokok bahasan Teorema Pythagoras, angket sikap siswa, dan lembar observasi.

Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun ajaran 2011/2012 ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Realistic Mathematics Education) dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Realistic Mathematics Education) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pendekatan pembelajaran konvensional.

Pada penelitian ini ditemukan bahwa sebagian besar siswa pada kelas yang mendapat perlakuan telah mencapai Kriteria Ketuntasan Materi (KKM). Sedangkan untuk siswa pada kelas yang tidak mendapat perlakuan hanya sebagian kecil siswa yang mengalami peningkatan nilai minimal sama dengan KKM. Secara umum, siswa memberikan sikap positif terhadap pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Realistic Mathematics Education).

Kata kunci: pembelajaran matematika realistik, kemampuan berpikir kritis matematis.

Untuk download skripsi matematika di atas, klik disini

Catatan: gunakan skripsi ini hanya sebagai referensi, bukan untuk diplagiat.

Terampil Matematika (TeMa)

Terima kasih telah membaca Download Skripsi Matematika: Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Realistic Mathematics Education) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jika kamu ingin menyebarluaskan artikel ini, kamu dapat mengcopynya dengan menyertakan sumber link asli di bawah. Jika ada kritik, saran, maupun pertanyaan, kamu juga dapat menyampaikannya melalui kotak komentar. Terima kasih. :)

Next Post Previous Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment