24 May 2013

Download Skripsi Matematika: Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa

skripsi


PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Masalah klasik dalam pendidikan Indonesia adalah rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini menerapkan metode penemuan terbimbing dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran matematika di kelas percobaan dan metode ekspositori pada pembelajaran matematika di kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  peningkatan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik antara kelas percobaan dan kelas kontrol, serta untuk mengetahui respon siswa kelas percobaan terhadap pembelajaran yang diberikan pada penelitian ini. Pada pembelajaran metode penemuan terbimbing dalam model kooperatif tipe STAD, siswa secara berkelompok dilibatkan dalam menemukan bahan yang dipelajarinya dengan bantuan instruksi dari guru melalui lembar kerja siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika, angket dan lembar observasi. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 10 Bandung. Dari 5 kelas XI IPA yang ada, dipilih secara acak sehingga diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas percobaan dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol.

Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan desain kelas kontrol tes awal-tes akhir. Data tes awal dan tes akhir berdistribusi normal dan variansnya homogen sehingga dianalisis dengan menggunakan uji-t, sedangkan data gains dianalisis dengan uji Mann-Whitney karena berdistribusi tidak normal. Hasil pengolahan data tes awal menunjukkan bahwa prestasi belajar awal matematika awal kelas kontrol lebih baik daripada kelas percobaan. Kemudian hasil pengolahan data tes akhir memperlihatkan prestasi belajar matematika kelas percobaan lebih baik dari kelas kontrol. Pengolahan data tes awal dan tes akhir tidak cukup untuk memperoleh kesimpulan hasil penelitian, sehingga dilakukan analisis terhadap data gains. Hasil analisis data gains memperlihatkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa kelas percobaan lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Data kualitatif memperlihatkan siswa berpartisipasi aktif dan memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Untuk download skripsi matematika di atas, klik disini
Catatan: gunakan skripsi ini hanya sebagai referensi, bukan untuk diplagiat.

Terampil Matematika (TeMa)

Terima kasih telah membaca Download Skripsi Matematika: Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jika kamu ingin menyebarluaskan artikel ini, kamu dapat mengcopynya dengan menyertakan sumber link asli di bawah. Jika ada kritik, saran, maupun pertanyaan, kamu juga dapat menyampaikannya melalui kotak komentar. Terima kasih. :)

Next Post Previous Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment